Cara Promosi Melalui WhatsApp
  • Tanggal Posting: 2020-12-24
  • Oleh:
0

Cara Cerdas Promosi Melalui Whatsapp

Whatsapp messenger (WA) adalah aplikasi pesan lintas flatform bekerja pada smartphone yang dikembangkan oleh facebook. Aplikasi ini bersifat gratis karena dalam proses pengiriman paket data menggunakan koneksi internet.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan aplikasi whatsapp, misalnya: bertukar pesan, obrolan online, berbagi file, berbagi foto dan yang lainnya. Karena kemampuannya itulah, saat ini banyak sekali orang menggunakan applikasi WA baik untuk keperluan komunikasi pribadi maupun bisnis.

Berdasarkan fungsinya aplikasi whatsapp dibagi menjadi dua versi yaitu: Whatsapp personal dan Whatsapp bisnis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua versi aplikasi ini bersifat gratis dan bisa digunakan dengan hanya mendownload pada playstore kemudian menginstalnya di smartphone.

TEKNIK MENGGANTI VERSI WA PERSONAL MENJADI BISNIS

Terus bagaimana jika di handphone sudah terinstal salah satu versi aplikasi tersebut, kemudian kita ingin menggantinya dengan versi whatsapp lain?

Sebagai contoh, apabila sebelumnya di smartphone sudah terinstall whatsapp versi personal, kemudian ingin diganti dengan versi bisnis. Cara pergantian aplikasi itu sangatlah mudah, dimana anda cukup mendownload whatsapp versi bisnis selanjutnya instal pada smartphone dengan menggunakan nomor kartu SIM yang sama seperti yang personal sebelumnya.

Perlu diperhatikan, nomor SIM hanya bisa dipakai pada satu aplikasi whatsapp. Oleh karena itu, pada langkah tertentu nantinya akan tampil notifikasi untuk menentukan apakah nomor telp yang dimasukkan mau dipakai pada aplikasi WA bisnis ini atau tetap dipakai pada versi personal.  Tentunya karna kita ingin mengganti yang personal menjadi bisnis maka pilih defautnya adalah Aplikasi Whatapp bisnis.

FITUR UNIK WHATSAPP BUSINESS

WhatsApp bisnis memiliki beberapa fitur unik yang bermanfaaat untuk keperluan promosi bisnis, diantaranya:

  1. Bisa membuat Business profile layaknya FB Page, Linkedin Page. Pada fitur ini direkomendasikan menuliskan informasi tentang bisnis anda, update terbaru dan yang lainnya
  2. Memberikan label pada masing-masing konsumen, hal ini sangat mempermudah dalam mengkategorikan konsumen berdasarkan label tertentu. Sederhananya, proses ini identik seperti bookmark.
  3. Set booking hours, fitur ini memungkinkan anda untuk menentukan jam kerja. Dengan adanya informasi ini apabila ada orang yang menghubungi kita diluar jam kerja setidaknya mereka akan bisa memaklumi jika kita terlambat membalas pesan yang dikirimkan.
  4. Memungkinkan untuk membuat link whatsapp lebih singkat. Formatnya adalah sebagai berikut: https://wa.me/. Contoh https://wa.me/6281338582348. Link ini bisa dikirimkan ke pelanggan dan dengan meng-klik link tersebut aplikasi whatsapp akan terbuka serta siap dipakai untuk komunikasi.
  5. Set predefined messages: melakukan settingan pesan yang sudah ditentukan sebelumnya. Seperti: Away messages, Greeting messages, Quick Reply
  6. Dimungkinkan untuk membuat katalog untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan

Youtube Channel Computer Course Center

12 TIPS PROMOSI DENGAN WHATSAPP

Setelah memahami fitur dari whatsapp bisnis, tiba saatnya sekarang mempelajari bagaimana menggunakan whatsapp untuk mempromosikan bisnis anda.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan berkaitan dengan promosi menggunakan WA diantaranya:

  1. Melakukan settingan terhadap predefined messages: Away Message dan Greeting Message
  2. Persiapkan naskah berkaitan dengan pemasaran untuk menangani pelanggan (Sales Script), hal ini akan mempermudah serta mempercepat komunikasi dengan pelanggan. Sebagai contoh, untuk jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan maka bisa disimpan jawabannya pada clipboard.
  3. Buat pesan dengan formating yang menarik, Misalnya: cetak tebal, miring, penempatan emoji yang menarik serta styling text (Gunakan aplikasi Stylish Text).
  4. Pahami teknik membuat link order yang bisa mengarah pada nomor wa tertentu
  5. Database, yaitu proses mengumpulkan data calon pelanggan dan menyimpannya di database. Kita bisa mendapatkan target konsumen melalui berbagai flatform online. Misalnya facebook, web iklan, instagram, tripadvisor, group WA dan yang lainnya.

    Berikut adalah beberapa tips mendapatkan database dengan menggunakan pencarian group di google dan facebook:

    • Ketikkan keyword di google dengan format sebagai berikut:
      • link group whatsapp +  nama kota
      • link group whatsapp + kata kunci
      • link group whatsapp + kata kunci + nama kota

      Contoh: link group whatsapp + Denpasar

    • Atau bisa juga ketikkan pola keyword seperti ini:
      • chat.whatsapp.com + nama kota
      • chat.whatsapp.com + kata kunci
      • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci

      Contoh: chat.whatsapp.com + Denpasar

    Melakukan pencarian group di facebook bisa dilakukan dengan login ke facebook terlebih dahulu, kemudian Ketikkan kata kunci di kolom pencarian facebook

    • chat.whatsapp.com + nama kota
    • chat.whatsapp.com + kata kunci
    • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci

    Setelah mendapatkan link group yang diinginkan, berikutnya pastikan join di group itu. Dengan bergabung dalam sebuah group tentu kita akan bisa mendapatkan nomor wa anggotanya sebagai target pemasaran. *Catatan: Teknik ini akan dijelaskan pada video di bawah

  6. Mengirimkan pesan ke banyak konsumen, hal ini bisa dilakukan dengan menyimpan database konsumen kita sebagai data contact di WA, kemudian melakuan broadcast message. Misalnya ucapan selamat ulang tahun, hari raya atau pesan lainnya
  7. Mengirim pesan marketing di WhatsApp, hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan untuk mempromosikan bisnis ke calon konsumen.
  8. Membagikan foto/Video dengan keterangan text.
  9. Hindari spaming,
  10. Buat pesan/informasi yang sifatnya memberikan sesuatu ke calon pelanggan, misalnya memberikan tutorial tertentu, sharing konten berita yang bermanfaat untuk orang banyak.
  11. Sebarkan informasi nomor WA anda diberbagai media. Hal ini dilakukan agar kemungkinan calon pelanggan bisa menemukan nomor WA kita lebih banyak, misal dari facebook, instagram, website, Google Mybusiness dan yang lainnya.
  12. Berikan respon yang cepat pada pelanggan, jika dalam konsisi diluar jam kerja diperkirakan akan terjadi keterlambatan dalam menjawab respon pelanggan, sangat disarankan untuk melakukan settingan informasi jam kerja di WA. Dengan teknik seperti ini, setidaknya pelanggan akan memaklumi jika kita terlambat menjawab saat diluar jam kerja.

APLIKASI TAMBAHAN UNTUK MEMPERMUDAH PROMOSI DI WHATSAPP

Bagi anda yang sudah terbiasa memakai aplikasi whatsapp untuk komunikasi, mungkin bisa dibayangkan jika proses marketing dengan melibatkan ratusan bahkan ribuan pelanggan masih menggunakan teknik pengiriman pesan secara manual, maka proses promosi seperti itu akan memerlukan waktu serta tenaga yang sangat banyak. Untuk itu, dalam upaya mempercepat proses promosi, tentunya kita memerlukan aplikasi tambahan.

Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk membantu dalam proses promosi dengan whatsapp, tetapi sebelum memutuskan membeli atau menggunakannya kita perlu diperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  1. Aplikasi bisa bekerja pada desktop dan smartphone, sistem seperti ini akan sangat membantu mempercepat promosi sebab bisa dilakukan dari dua device yang berbeda.
  2. Sistem mampu membantu membangun database. Apabila anda belum memiliki database calon konsumen, anda bisa memanfaatkan sistem ini untuk mengumpulkan target audient.
  3. Tersedia literatur dan mentor dalam menggunakan aplikasi, layanan seperti ini akan sangat membantu jika ada permasalahan saat menggunaan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan saat promosi menggunakan whatsapp adalah Aplikasi Cerdas. Yang mana, aplikasi cerdas berdasarkan cara penggunaannya terbagi menjadi 2 versi yaitu: versi standar dan Pro. Versi standar bekerja pada smartphone dan versi pro bekerja pada komputer desktop

Ada banyak hal yang bisa dikerjakan oleh aplikasi ini, baik secara manual maupun otomatis. Diantaranya:

  1. Mengumpukan database nomor WA secara otomatis berdasarkan kriteria operator seluler atau kode wilayah tertentu.
  2. Mampu mengumpulkan database calon konsumen melalui formulir yang kita sebar. Formulir ini bisa dibuat sesuai keperluan, misal untuk keperluan absensi, testimoni, keikutsertaan reuni dan yang lainnya.
  3. Mampu mengimport database dari file Excel, CSV
  4. Mampu mengexport database ke file Excel atau CSV
  5. Untuk versi pro bisa dipakai multi user
  6. Versi Pro memungkinkan mengirimkan file baik foto atau yang lainnya
  7. Mampu mengirimkan pesan dalam jumlah yang banyak tetapi bersifat personal, Contoh nama penerima bisa disertakan pada masing-masing pesan secara berbeda-beda.
  8. Mampu melakukan pengiriman pesan secara otomatis, jadi setelah kita setting dan jalankan maka sistem akan bekerja sendiri.
  9. Proses pengiriman bisa dijadwalkan.
Catatan: Klik link ini untuk mencoba Program demo Aplikasi Cerdas.

 

Link Aplikasi WhatsApp

Related Blog

Kursus Digital Marketing

Digital marketing adalah proses promosi dengan menggunakan teknologi dan peralatan berbasis digital. Misalnya: monitor, hanphone, komputer, koneksi internet dan yang lainnya.

Baca Selengkapnya