Cara Menganalisa Keyword

Pemilihan keyword yang tepat untuk blog atau web merupakan hal penting. Kenapa sangat penting? Karena jika salah memilih keyword tentunya akan berpengaruh pada jumlah kunjungan ke blog ataupun web yang telah dibuat. Lalu bagaimana cara memilih keyword yang tepat? bisa dilihat di bawah ini

Cara Menganalisa Keyword

Cara Menganalisa Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata atau kumpulan beberapa kata yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari sebuah informasi di search engine. Tentunya pemilihan keyword yang tepat untuk blog atau web merupakan hal penting. Kenapa sangat penting? Karena jika salah memilih keyword tentunya akan berpengaruh pada jumlah kunjungan ke blog ataupun web yang telah dibuat.
 
Sebelum menentukan keyword ada baiknya kita melakukan riset keyword terlebih dahulu. Apa itu riset keyword? Riset keyword adalah mencari kata kunci yang sering diketikkan orang di mesin pencari yang relevan dengan topik blog atau website yang dimiliki. Misalnya web atau blog kita membahas tentang tour maka kira – kira apa kata kunci yang akan orang ketikkan di mesin pencari? Apakah “Tour terbaik di Bali”, “Travel di Bali” atau yang lainnya?. Dengan melakukan riset keyword maka kita bisa menentukan kata kunci apa yang sering digunakan di mesin pencari. Sebelum kita melakukan riset keyword ada baiknya mengetahui jenis – jenis dari keyword itu sendiri. Dalam dunia SEO keyword sendiri ada beberapa jenis diantaranya
  1. Short Tail Keyword
  2. Long Tail Keyword
  3. Keyword Abadi
  4. Keyword Musiman
Selain keempat keyword diatas sebenarnya masih ada banyak jenis keyword tetapi empat diatas adalah yang paling penting.
  1. Short Tail Keyword
    Short tail keyword adalah kata kunci yang umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contohnya :
    • Android
    • Handphone
    • Android Terbaik
    • Dll
    Pada umumnya keyword ini memiliki tingkat persaingan yang ketat dan tetntunya akan sangat sulit bersaing terutama bagi pemula.
  2. Long Tail Keyword
    Long Tail Keyword adalah keyword yang tediri dari beberapa kata atau dengan kata lain long tail keyword adalah versi panjang dari short tail keyword. Contohnya :
    • Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris
    • Wisata Religi di Pulau Bali
    • dll
    Bagi anda yang masih pemula, long tail keyword sangat direkomendasikan karena memiliki tingkat persaingan yang relatif rendah sehingga kemungkinan untuk mengusai posisi teratas terbuka lebar. Tapi kekurangan dari long tail keyword sendiri adalah jumlah traffik pengunjung yang lebih sedikit dan susah menemukan long tail keyword yang bagus.
  3. Keyword Abadi
    Keyword Abadi adalah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi dan tidak pernah hilang hilang zaman. Contohnya : “Cara Menghilangkan Sakit Gigi” Keyword ini termasuk keyword abadi karena semua orang pasti pernah sakit gigi.
  4. Keyword Musiman
    Keyword musiman adalah keyword bersifat musiman atau hanya populer sesaat. Contohnya : “Hasil Pertandingan Derby Manchester”
Sekarang kita akan melakukan analisa keyword dengan menggunakan dua tool gratis yakni Ubersuggest dan Google Adwords : Keyword Planner. Ubersuggest kita gunakan untuk menemukan variasi keyword dari keyword utama yang di targetkan sedangkan Gogle Adwords : Keyword Planner digunakan untuk mengetahui jumlah pencarian dan tingkat persaingan dari kata kunci yang dipilih. Berikut Langkah – langkahnya:
  1. Hal pertama yang kita lakukan adalah menentukan benih keyword yang akan digunakan, contohnya : Tour, Travel, Guide atau yang lainnya.
  2. Kemudian setelah memilih benih keyword yang digunakan masuk ke http://ubersuggest.org
  3. Masukkan benih kata kunci yang sudah dipilih.
    1. Masukkan kata kunci. Contohnya Tour
    2. Pilih bahasa. Misalnya Indonesian
    3. Klik Suggest
  4. Maka akan muncul kata kunci yang berkaitan dengan “Tour”
  5. Jika kata kunci hanya hanya terdiri dari dua atau tiga kata saja, anda bisa mengklik kata salah satu kata kunci kemudian klik Expand this Keyword maka akan tampil kata kunci yang lebih panjang 
  6. Jika sudah maka klik Download All maka secara otamatis daftar kata kunci akan terdownload dalam bentuk excel berextensi .csv 
  7. Sekarang masuk ke Google Adwords : Keyword Planner.
  8. Klik “Get search volume data and trends“
  9. Upload file keyword yang sudah disimpan sebelumnya
  10. Klik “Get search volume”
  11. Klik “Download”
  12. Pilih format file .CSV dan klik Download
  13. Buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silakan bisa dipilih-pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang sobat inginkan.
Selanjutnya yang dilakukan menganalisa tingkat persaingan dengan menggunakan plugin SEOQuake. Caranya ketik kata kunci yang dipilih maka SEOQuake akan menampilkan PR, Backlink, ranking alexa, dll.
Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum mengeksekusi keyword :
  • Pilihlah keyword yang memiliki jumlah hasil pencarian di bawah satu juta.
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web otoritas, contohnya: Wikipedia
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan pagerank di atas 5
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan page authority dan domain authority di atas 50
Terakhir setelah menemukan keyword yang tepat maka kita tinggal mengoptimasikannya
Back to top