Cara Membuat Suasana Malam di Sketchup
  • Tanggal Posting: 2023-02-27
  • Oleh: kurniawan
0

Cara Membuat Suasana Malam di Sketchup

Dalam membuat desain 3D baik interior ataupun exterior, Sketchup menjadi salah satu software permodelan 3D yang cukup banyak digunakan. Lalu apa itu Sketchup? Sketchup (sebelumnya bernama Google Sketchup) adalah software permodelan 3D yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengedit model baik 2D atau 3D dengan teknik Push & Pull. Dimana dengan teknik ini pengguna bisa merubah objek datar menjadi bentuk 3D.

Untuk menghasilkan desain 3D yang realistic, kita tidak dapat bergantung hanya dengan render standar sketchup. Untuk mendapatkan hasil render yang bagus dan realistis, bantuan render engine sangat penting. Nah render itu apa? Render adalah sebuah proses akhir dari gambar 3D yang akan mengubah citra visual grafik standard ke citra visual grafik realistis. Proses ini menjadi elemen penting dalam mendesain 3D dan tentunya membutuhkan setting dan proses yang lama jika gambar 3D yang dirender cukup kompleks.

Tentunya dalam mendukung proses rendering kita membutuhkan plugin atau software tambahan yang akan diinstall ke dalam software. Salah satu plugin yang sering dipakai adalah Vray. Vray ini merupakan mesin untuk merender gambar 3D sehingga citra gambar 3D menjadi realistis atau tampak menjadi nyata. Vray saat ini sudah banyak yang terintegrasi dengan program aplikasi 3D. Untuk Program aplikasi 3D seperti sketchup masih terpisah dengan Vraynya, jadi harus diinstall dulu.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu hal teknik penting yang wajib dikuasai dalam membuat desain 3D yakni bagaimana cara membuat situasi malam di sketchup. Ya teknik ini cukup penting mengingat kita juga perlu mengetahui bagaimana situasi bangunan yang kita desain saat malam hari. Selain itu, dengan menguasai teknik ini, kita juga bisa menempatkan dengan tepat posisi dari lampu yang diinginkan.

Berikut adalah langkah – langkah dalam membuat tampilan malam pada sketchup

  1. Persiapkan dahulu model yang akan digunakan di sketchup
  2. Sebelum kita melakukan setting rener malam, kita harus menempatkan lampu terlebih dahulu untuk menukung desain kita.
    • Jenis lampu yang akan kita gunakan ialah IES Light, jadi klik IES Light lalu klik pada bagian yang kita ingin berikut lampu
    • Berikutnya setting lampu tersebut dengan cara klik kanan lampu tersebut lalu V-ray for Sketchup > Edit Light
    • Setting lampu tersebut sebagai berikut
  3. Setelah selesai melakukan settingan lampu maka sekarang kita akan melakukan setting malam hari, pertama klik Vray Option
  4. Klik environment seperti berikut ini
  5. Jika sudah di setting langkah terakhir kita render
  6. Maka hasilnya akan seperti berikut ini