Cara Menonaktifkan Autocorrect di Microsoft Office Word
  • Tanggal Posting: 2020-11-27
  • Oleh:
0

Cara Menonaktifkan Autocorrect di Microsoft Office Word

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menonaktifkan fitur autocorrect di Microsoft Office Word, sepertinya sangatlah penting kita harus memahami konsep autocorrect, Setting dan cara penggunaannya.

Apa itu Autocorrect?

Autocorrect sendiri adalah fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft Office Word untuk memperbaiki kesalahaan ejaan saat kita mengetik. Untuk lebih memahami konsep ini, berikut adalah contoh kondisi yang bisa menggambarkan penggunaan autocorrect.

  • Misalnya, saat kita akan mengetik tulisan “Teh” di word kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol spasi, maka kata “Teh” tersebut akan berubah menjadi “The” secara otomatis. Hal ini diakibatkan oleh fitur autocorrect menganggap kita sedang melakukan kesalahan saat mau mengetik kata “The” tetapi yang ditulis adalah “Teh”.
  • Ada lagi contohnya lainnya, yaitu: jika kita mengetikkan tulisan ”rumah“ pada awal kalimat, Fitur autocorrect akan menganggap ada kesalahan penulisan pada huruf r, dimana seharusnya huruf r adalah kapital dikarenakan awal dari sebuah kalimat, maka saat kita menekan spasi kata ”rumah“ akan berubah menjadi ”Rumah“.

Cara Setting AutoCorrect dan Penggunaannya

Cara setting autocorrect bisa didahului dengan membuka kotak dialog autocorrect options, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Office Word
  2. Klik File

    Membuka option autocorrect
  3. Pilih menu Options

    option autocorrect
  4. Lalu pilih menu Proofing

    Tampilan menu Proofing
  5. Kemudian Klik Autocorrect Options

    Autocorrect Options
  6. Maka akan muncul kotak dialog AutoCorrect dalam setingan bahasa tertentu (Ex:English United States)

    Autocorrect Options

Pada kotak dialog Auto Correct terlihat ada beberapa tab yang harus kita ketahui fungsinya, yaitu: Tab AutoCorrect, Math Autocorrect, Autoformat As You Type, Tab Autoformat, Actions. Berikut adalah penjelasan masing-maisng tab tersebut:

  1. Tab Autocorrect

    Tab ini berfungsi untuk melakukan perbaikan pada teks yang kita ketikkan dengan cara mengganti text yang sudah diketikkan tadi dengan text yang ada di daftar AutoCorrect atau sesuai dengan aturan default AutoCorrect.



    Autocorrect Options Dialog Box

    Ada beberapa settingan default AutoCorrect yang perlu diperhatikan sebelum memberikan perintah ini, diantaranya:

    • Show Autocorrect Option buttons, Berfungsi untuk menampilkan tombol AutoCorrect pada Microsoft Word

      Spelling and Grammar

      Cara kerja dari tombol ini adalah dengan memblok text yang ingin diperiksa penulisannya, kemudian klik tombol Spelling Grammar, pada samping kanan lembar kerja akan tampil Takspane Spelling yang memungkinkan kita mengganti penulisan yang salah tadi dengan kata yang lain.

    • Correct Two Initial Capitals

      Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki huruf kedua menjadi huruf kecil saat kita mengetikkan kata dengan huruf pertama dan kedua kapital. Contohnya ”SAya“ jika kita tekan spasi akan menjadi ”Saya“ (huruf A yang posisinya nomor dua pada kata "SAya" diganti menjadi huruf kecil a)

    • Capitalize first letter of sentences

      Jika perintah Capitalize first letter of sentences diaktifkan (checked), maka ia akan berfungsi untuk mengubah huruf pertama pada sebuah kalimat menjadi huruf kapital. Contohnya saat kita mengetik ”rumah“ pada awal kalimat (huruf r kecil), selanjutnya setelah ditekan tombol spasi tulisan tersebut akan berubah menjadi ”Rumah“ (huruf R besar)

    • Capitalize names of day

      Memperbaiki kesalahan penulisan huruf kapital pada nama hari. Contohnya saat mengetik ”sunday“ saat menekan spasi akan berubah menjadi ”Sunday“

    • Correct accidental use of cAPS LOCK key

      Memperbaiki kalimat atau kata saat tombol Caps Lock tidak sengaja aktif. Contohnya kita tidak sengaja mengetik ”sUNDAY" saat menekan spasi maka akan berubah menjadi ”Sunday“

    • Tombol Exceptions... dipakai untuk membuat daftar kata atau karakter pengecualian yang tidak akan kena aturan di atas.
    • Textbox Replace dan With, adalah tempat menambahkan kata ke daftar AutoCorrect. Tentunya text yang diketikkan pada Replace akan digantikan dengan text pada With akan masuk ke daftar jika anda sudah menekan tombol Add
  2. Tab Math Autocorrect

    Math Autocorrect Tab

    Tab Math Autocorrect berfungsi untuk menyisipkan simbol matermatika. Ada beberapa option yang terdapat pada tab ini antara lain :

    • Use Math AutoCorrect rules outside of math regions, Fitur ini berfungsi untuk menggunakan rumus matematika di dokumen anda. Contohnya saat anda mengetik ”\alpha“ maka saat menekan spasi akan berubah menjadi ”∝“
    • Replace text as you type, jika perintah ini aktif, maka setiap terjadi kesalahan penulisan simbol atau kode matematika, akan secara otomatis dirubah sesuai daftar library yang ada.
  3. Tab Autoformat As You Type dan Tab Autoformat merupakan formating autocorrect default yang sudah disiapkan oleh word, kita bisa menggunakan atau tidak fitur ini dengan memberikan perintah check atau uncheck pada masing-masing options.

    Tab Autoformat As You Type
  4. Action, perintah ini bisa diaktifkan dengan mengaktifkan Enable additional actions in the right-click menu. Setelah aktif, tambahan action akan tampil setiap memblok text dan klik kanan.

Tempat Kursus Komputer Office Perkantoran terbaik

Cara Menonaktifkan Autocorrect di Microsoft Office Word

Meskipun perintah autocorrect sangat penting digunakan untuk mengurangi kesalahan dalam mengetik, tetapi bagi mereka yang ingin mengetik dalam bahasa yang berbeda dengan settingan autocorrect tentunya bisa terganggu oleh fitur ini. Apabila anda merasa terganggu oleh fitur ini, berikut adalah teknik menonaktifkannya

  1. Buka Microsoft office word
  2. Klik “Customize Quick Acces Toolbar”.

    AutoCorrect
  3. Pilih menu “More Commands”

    Microsoft Word Autocorrect
  4. Lalu pilih menu “Proofing”

    Autocorrect Disable
  5. Kemudian pilih Autocorrect Option

    Mematikan Autocorrect
  6. Muncul jendela baru dan hilangkan ceklis pada “Replace text as you type” lalu klik ok

    Menonaktifkan Autocorrect
  7. Terakhir tinggal diperiksa apakah kesalahan yang terdapat di autocorrect akan berubah

Related Blog

Fungsi Tombol Pada Keyboard

Keyboard komputer adalah sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat input pada komputer, namun ada di antara Anda mungkin ada yang belum mengetahui mengenai fungsi tombol pada keyboard.

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Membuat Pivot Table

Pivot Table merupakan bentuk penyusunan ulang dari suatu data pada excel yang dibuat dalam table dengan tujuan agar mudah dianalisis. Teknik ini merupakan salah satu materi yang diajarkan pada materi kursus Komputer Administrasi Perkantoran

Baca Selengkapnya
Bagaimana Cara Membuat Visualisasi Data Trend dengan Sparklines

Tutorial kali ini mengajarkan cara memvisualisasikan data trend dengan sparklines. Sparklines adalah salah satu ilustrasi baru yang diperkenalkan oleh Excel 2010

Baca Selengkapnya
Kursus Excel, Training Excel, Belajar Komputer Excel

Apabila anda ingin belajar excel level intermediate secara cepat, Computer Course Center adalah tempat belajar yang paling tepat. Hanya dengan 6 kali pertemuan peserta kursus akan mampu menguasai materi excel dan siap dipakai dalam dunia kerja. Berikut adalah detail materi yang akan dipelajari...

Baca Selengkapnya
CARA MEMBUAT KOP SURAT DI WORD

Kop surat adalah bagian terpenting dalam surat resmi maupun tidak resmi. Tanpa adanya kop surat, surat dianggap kurang bagus apalagi terkait dengan pengiriman surat antar perusahaan atau instansi. Lalu apa itu kop surat? Kop surat atau sering disebut juga kepala surat adalah bagian dari surat yang berisi bebagai informasi dari pengirim surat seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon dan juga logo dari perusahaa, instansi atau badan usaha lainnya.

Baca Selengkapnya
Cara Menggunakan Rumus Vlookup dan Hlookup di Excel

Microsoft Excel tentunya bukanlah software yang asing bagi sebagian besar orang. Mulai dari dunia pendidikan hingga dunia kerja, software yang satu ini sudah pasti digunakan. Bahkan sekarang software ini sudah mulai diajarkan bahkan dari sekolah dasar.

Baca Selengkapnya